Cara Menulis Surat Referensi

Cara Menulis Surat Referensi.Surat referensi biasanya diminta kepada Anda yang menempati posisi supervisor di tempat kerja, sekolah, atau organisasi nirlaba. Orang membutuhkan surat referensi ketika melamar pekerjaan atau mendaftar di universitas tertentu. Surat referensi harus ditulis dengan format dan bahasa formal, yang memuat deskripsi karakteristik atau kemampuan positif tentang kandidat yang direferensikan.yang telah kita rangkum dalam victoriaramada

yang disupport oleh Poker77 Apk

Memformat Surat Referensi

v4 460px Write a Reference Letter Step 1 Version 2 - Cara Menulis Surat Referensi

Gunakan program pengolah kata.

Program pengolah kata biasanya menyediakan templat yang memudahkan Anda memformat surat. Templat surat bisnis biasanya sudah disertai pengaturan dan margin sehingga Anda tidak perlu melakukannya secara manual.[4]
  • Kebanyakan program pengolah kata menyediakan beberapa templat surat. Pilih templat surat bisnis formal, bukan surat personal atau kasual.
  • Gunakan fon standar yang mudah dibaca, seperti Times New Roman atau Helvetica.
  • Biasanya, isi surat sudah diatur spasi ganda antara paragraf tanpa menjorok ke dalam. Jika Anda ingin memulai paragraf dengan menjorok ke dalam, jangan menggunakan spasi ganda.

Masukkan nama dan alamat.

Di halaman pertama surat, masukkan nama dan alamat Anda di sudut kanan atas. Nama dan alamat penerima mengikuti di sisi kiri halaman.

  • Anda juga harus menyertakan informasi kontak tambahan, seperti nomor telepon atau alamat surel.
  • Jika Anda punya kop surat yang memuat informasi kontak, biasanya tidak perlu lagi memasukkan nama dan alamat. Akan tetapi, informasi tersebut harus tetap dimasukkan jika kop surat mengacu pada perusahaan, bukan Anda pribadi.
  • Setelah alamat, masukkan tanggal. Beberapa templat juga menyertakan baris subjek. Untuk subjek, cukup tulis “Surat Referensi untuk” diikuti nama kanddat.
  • Biasanya, surat referensi dtujukan kepada orang tertentu. Namun, apabila surat tersebut akan dtinjau oleh beberapa orang, alamatkan kepada “komite perekrutan” atau “komite penerimaan”. Tanyakan kepada kandidat untuk lebih jelasnya.

Gunakan kop surat jika ada.

Jika perusahaan Anda memiliki kop surat, atau Anda sendri punya kop surat pribadi, sebaiknya dgunakan karena akan membuat surat terkesan lebih profesional. Memakai kop surat ataupun tidak, pastikan kertas yang dgunakan berkualitas.

  • Penyajian surat juga mencerminkan siapa Anda, bukan hanya kanddat. Oleh karena itu, surat referensi yang Anda keluarkan harus terkesan formal dan profesional.
  • Kertas putih polos bisa dgunakan. Hindari kertas kopi murahan. Anda bisa membeli kertas berkualitas bagus d toko alat tulis.

Buat kerangka dasar.

Alangkah baiknya jika Anda memikirkan kanddat sebelum menulis surat referensi untuknya. Pikirkan kualitas yang ingin Anda sertakan, dan pilih yang paling kuat.

  • Ingat bahwa surat referensi biasanya tidak lebih dari satu halaman. Surat referensi akademis boleh lebih panjang, sampai dua halaman.
  • Ini berarti Anda hanya punya tiga paragraf singkat sebagai inti surat. Oleh karena ruangnya terbatas, Anda harus dapat menulis dengan efisien supaya semua kata mengandung arti.
  • Saat mengerjakan kerangka, mungkin Anda perlu berbicara dengan kanddat. Tanyakan pekerjaan atau program akademis yang ia tuju, dan atribut atau keahlian apa yang dhargai oleh orang yang akan mengevaluasi surat tersebut.